British Council Indonesia mendorong adanya inovasi dalam promosi seni dan budaya Indonesia melalui Yogyakarta City Branding & Festival Management, sebuah program peningkatan kapasitas bagi para pelaku industri festival dan pemerintah kota Yogyakarta untuk dapat mengelola warisan budaya yang bernilai tinggi di kota tersebut.
British Council Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai festival terkenal di Yogyakarta sejak Juni 2014 untuk mengembangkan konsep promosi dan pemasaran mereka agar dapat dibawa ke level internasional dengan harapan besar untuk memberikan citra “Kota Festival” bagi Yogyakarta.
Potensi besar yang dimiliki Yogyakarta, terutama dalam hal festival berskala nasional dan internasional, menjadi dasar bagi penyelenggaraan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas jaringan para penyelenggara festival tersebut.
Lokakarya pertama yang diselenggarakan pada Desember 2014 telah menghadirkan pakar festival internasional seperti Direktur Program ‘City of Culture’ kota Derry~Londonderry, Shona McCarthy. Sementara dalam kegiatan tahap dua yang diselenggarakan pada awal Maret 2015, British Council juga mengundang dua pembicara dari regional seperti Direktur George Town Festival (Penang) Joe Sidek dan Direktur Ubud Writers and Readers Festival Janet de Neefe untuk berbagi pengalaman mereka dalam mengelola festival berskala internasional.
Dalam dua lokakarya yang juga didahului oleh dua forum diskusi kelompok tersebut, para peserta telah mengangkat berbagai isu penting terkait tantangan penyelenggaraan festival seperti metode penggalangan dana, strategi dan promosi serta program perencanaan festival yang berkesinambungan setiap tahunnya.
Setelah menjalani dua lokakarya tersebut, para peserta telah sepakat untuk bergabung dalam forum yang akan merealisasikan inisiatif promosi festival bersama di bawah bendera “jogjafestivals”. Saat ini, forum tersebut tengah mempersiapkan rancangan “jogjafestivals” yang ditargetkan akan diluncurkan pada tahun ini.
Untuk lokakarya ketiga, British Council bangga bisa mengundang Head of Marketing and Innovations, Festivals Edinburgh untuk berbagi konsep tentang promosi dan pemasaran festival bersama sekaligus dampak dari konsep “Kota Festival” bagi perekonomian dan pariwisata ke 18 (delapan belas) pimpinan festival. Lokakarya ini akan diadakan di Yogyakarta pada Rabu - Jumat, 22 - 24 April 2015.
Selama kunjungannya, James juga akan berbincang di Seminar satu hari untuk para penyelenggara festival di Solo yang akan diadakan pada Sabtu, 25 April 2015 di ISI Surakarta.